Senin, 30 November 2015

Pondasi Yang Kuat Itu Perlu

Ceritanya ni yaa...

Lagi flash back aja, nyoba inget-inget lagi tahapan yang kami lewati waktu proses mendapatkan gubug sederhana kami.

Banyak hal yang harus kami lalui, sambil berlalu waktu banyak pula ilmu yang kami dapat. Sayang banget kalo gak di save & share #eman rasanya kalo disimpan gitu aja. Walopun gak sekarang, suatu saat pasti ada yang butuh.

Punya hunian sendiri pastinya jadi impian setiap orang. Apalagi bisa punya rumah sendiri di usia muda. Bisa mandiri dan gak repotin ortu lagi, sapa yang gak seneng coba??

Ditambah lagi saat ini persaingan property lagi "banter-banternya". Banyak promo sana sini , diskon, potongan harga, keringanan, free ini itu dll....


Yes... semua itu pasti sangat menarik, ditambah proses KPR yang sekarang juga makin gampang. Susah dikit agak di taktik utak utik beres deh,,,,

Tapiii ya.... sebagai konsumen, kita harus cerdas donk... jangan cuma gara-gara kemudahan-kemudahan yang dikasi developer trus kita klepek gitu aja. Kita harus mikir panjang buat investasikan uang kita. Karena ngurus rumah itu gak gampang, ribetnya ampun-ampunan trus itu juga buat masa depan juga sampe entar tua. Jadi PERTIMBANGAN YANG MATANG disaat memastikan buat ambil hunian itu sangat perlu. Daripada ntar nyesel belakangan, mending ribet di depannya.

Soo.... sesuai dengan apa yang sudah kami alamin kemarin, kita bisa ambil beberapa POIN yang bisa kita jadiin pegangan buat dasar memilih hunian. Sebagai berikut :


1. TENTUKAN LOKASI
Menentukan lokasi adalah poin pertama yang paling penting yang harus kita jadikan dasar dalam memilih hunian. Lokasi yang paling baik adalah lokasi yang dekat dengan fasilitas umum (sekolah, kantor polisi, kantor kecamatan, puskesmas, pasar, jalan besar, dll).

Tapi di lokasi yang kaya gini umumnya rumah harganya udah mahal banget karena lingkungan yang udah terbentuk , itu yang bikin mahal. Bagi orang-orang yang udah mapan , mahal mungkin bukan masalah.

Yang jadi masalah itu kalo yang kaya' kami ini. Para kaum muda mudi yang isi tabungan aja masih cekak tapi angan-angan tinggi. Tapi jangan kwatir, setiap masalah pasti ada solusi. Kita bisa mengakalinya dengan cara........ kita harus bisa baca prospek. Di peta pembangunan daerah (googling aja biasanya ada), pasti ada rencana pemerintah buat pengembangan pembangunan itu dimana aja , pasti ada. Nahh dari situ coba di teliti daerah-daerah yang prospek kedepannya dibangun mana aja, baru kalo udah nemu lokasi yang cocok sesuai sama kebutuhan baru deh cari developer yang saat itu lagi kerjain project di daerah situ.

(Setidaknya kalopun kita gak jadi nempatin, kalo dijual lagi masih cincaiiii lah harganya soalnya udah masuk daerah pengembangan pemerintah).

Baru kalo udah cocok lokai dan harga bisa langsung di dealkan untuk start proses hunian di daerah situ. Kalo emang dah cocok lebih cepat lebih baik bwt segera proses. Karena kecenderungan harga property itu gak pernah turun, naikkkkk terus....

Emang sih kalo daerah rencana pengembangan pembangunan pemerintah biasanya sepi di awal-awal , namun kedepannya pasti rame.

Yang perlu di perhatiin juga masalah lokasi, selain Fasilitas umum , kita harus teliti mengenai status tanah yang di buat hunian, banyak marketing yang gak mau jelasin mengenai status tanah jika kitanya gak tanya, maka dari itu kitanya emang yang harus cerewet, peka dan teliti.

Yang penting lagi perlu di kepoin yaitu masalah AIR. Calon lokasi hunian airnya kaya gimana. Jenis air apa. Asin kah? gambutkah? tawarkan? kena cemaran limbah kah? debitnya gede ato gak? Kenapa harus cerewet masalah air, harus lah!! Penting itu. Karena air adalah unsur kehidupan terpenting bagi kita. Mandi pake air, nyuci pake air, masak pake air, siram bunga pake air. Kita punya se-tanki minyak goreng juga gak bakalan bisa dipake buat itu, kecuali minyaknya dijual dulu baru uangnya buat beli air. Nahloh... ujung2nya kita tetep pake air kannn....

Oke lanjut.....

2. CEK SPESIFIKASI RUMAH COMPARE DENGAN HARGA YANG DIPASANG DEVELOPER
Penting banget ini buat di urus dan di usut lebih dalemmmmm lagi... masalah spesifikasi rumah. Menurut saya pilihan antara hunian yang siap pakai atau yang masih proses bangun itu ada positif negatifnya.

#Hunian yang siap pakai , positifnya... Yaaa... enak aja kita tinggal beli bisa langsung pakai. Cepet aja gitu. Negatifnya, yang jelas karena ready stok biasanya lebih mahal. Dan yang paling riskan, kita jadi gak tau apa-apa masalah spesifikasi rumah yang kita tempati. Sering visualnya keliatan joss gandosss banget tapi ternyata dalemannya gak se yahud covernya. Cuma beberapa tahun pakai (biasanya di tahun ke-5 paling keliatan) , keliatan semua kelemahannya muali dari lantai pecah, tembok retak, lumut dimana-mana, sampai kenyataan tembok yang keropos karena komposisi pasir lebih banyak daripada semen.

#Hunian yang dalam proses pembangunan, Negatifnya,... yaa kita harus sabar banget nunggu proses pembangunannya, gak jarang pula developer kabur pada saat proses pembangunan. Itulah kenapa penting banget kita harus perlu History developer yang kita pilih. Positifnya , kita jadi bisa ngikutin perkembangan rumah step by step, bisa ikut ngawasin kerjaan tukang, sukur-sukur karo mandornya enak kita bisa ngulik-ngulik dikit desain rumah kita asal view depannya gak ngrubah tampilan standart dari developer. Nha,,, yang penting lagi, rumah yang dalam proses bangun biasanya harganya lebih miriiinggg ke kiri dan ke kanan.

Kebetulan pilihan kita jatuh pada pilihan kedua, yaitu rumah proses bangun. Alasan pertama karena, kita emang belum butuh banget tu rumah, kedua karena emang solusi terbaik buat tabungan kita yang kaya celana cekak,

Masalah spesifikasi rumah, kita wajib care dan kepo tanya sama marketing. Biasanya spesifikasi rumah di sebutkan di katalog rumah mulai dari  Ukuran rumah, kamar tidur, kamar mandi, garasi, taman, jenis keramik, jenis batu bata, tipe rangka, jenis pintu warna cat, dll.

Yang jelas kita gak boleh asal nrima aja masalah ini. Kita harus detail dan wajib complain jika ternyata apa yag terpasang gak sesuai sama spek yang tertulis. Karena semua yang ada dikatalog adalah apa yang kita bayar, jangan sampe kita rugi dusitu, Kalo bisa minta aja bonus ke developer, karena gak jarang ada beberapa developer yang prepare bonus  bisa pagar, kanopi, pompa sampai tandon air, cuma tinggal kita nya tanya ato gak. Kalo customer gak tanya biasanya sih ya gak dikasi.

Makanya , balik lagi ke prinsip awal. KEPO ITU PENTING.

Nha.... Masalah spek udah. Sekarang saya mau share dikit positif thing about our choose. Alhamdulillah pilihan ini ada hikmahnya. #Banyak Hikmahnya malah...

Saat itu, saat kita deal ambil tu rumah, posisi rumah masih rata sama tanah... belom ada tembok. Boro-boro tembok, Pondasi aja masih bentuk galian. Pertama berasa miris banget, Duhh... beneran gak sih ini rumah bisa jadi ntar dah abis duit banyak ntar kalo ditinggal kabur gimana? Sempet kwatir sana sini, akhirnya saya (kami) putisin buat change pikiran negati kami jadi Energi Kepo yang tanpa batas. Kami cari-cari kesempatan apa yang bisa kita lakuin dengan kondisi ini.

Beberapa hal ini mungkin bisa temen-temen lakuin juga jika ntar kebetulan kejadian sama kaya yang kami alamin:

#Saat itu posisi pondasi belum berdiri, kebetulan yang mendatangkan hikmah. Kita bisa manfaatin kondisi ini buat kerjasama ke mandor dan tukang buat gedein sepatu pondasi dan kolom rumah kita. Kita antisipasi hal ini jarena kedepannya emang gak mungkin jika rumah ini tetep stag posisi satu lantai aja. Secara gitu tanah udah sempit, pembangunan kemana lagi kalo gak keatas. Kalo kebelakang bisa-bisa kitanya yang dicangkul sama pak tani. Enak banget, tanah siapa emang seenaknya aja di pake. Hal ini lebih efisien dan hemat menurut kami. Karena jika gak kita gedein sekalian, pastinya ntar kalo pas mau bikin loteng,  baru kita gedein sepatu sama kolom, otomatis kita harus bongkar-bongkar tembok lagi, oh myyy.... bongkar tembok itu gak gampang juga gak gratiss..... Duit yang seharusnya bisa kita pake buat bangun jadi harus bengkak gara-gara kita dedel-dedel tembok lama. GAK BANGET!? Emang sih gedein sepatu dan kolom itu juga gak gratis, kita emang harus modal material awal dan sedikit "Nyangoni" pak tukang buat kerja lembur. Tapi gak masalah , karena sedikit berkorban di awal lebih baik daripada ribet dibelakang.

##Saat itu tembok belum berdiri. Yupsss inilah kesempatan terbaik kami. Yaitu saat tembok belum berdiri. Gilee dah, tembok gak berdiri aja senengnya minta ampun. Yups seneng lah... paling nggak walopun kita gak bisa 100% bangun rumah sesuai imajinasi kita, tapi dengan posisi tembok yang belum naik ini bisa kami manfaatin buat modifikasi daleman rumah agar sesuai dengan keinginan dan "kebutuhan" kita. Saat itu sayangnya karena bentuk pondasi yang udah fix, kita gak bisa rubah banyak bentuk dalem rumah kita, tapi cukup lah buat ruang keluarga yang lebih luas. Dan kamar tidur utama yang lebih luas. Sekali lagi disini kita tetep butuh kemampuan nego yang lumayan buat kerjasamanya dengan mandor dan tukang. Soo... Saat proses pembangunan jangan pernah cuek dengan rumah kalian ya. Jangan cuek juga sama mandor dan tukang.


Oke , balik lagi ke POIN-POIN yang selanjutnya, poin ke . . .

3. TELITI SAMA BANK 
Saat nanti mau ambil KPR pasti banyak banget tawaran macem-macem bank yang mau kerjasama. Sebenernya sich kalo bisa langsung tunai malah bagus banget, gak usah KPR gitu. Karena pasti dalam Islam dah disebutin KPR itu masuk dalam bentuk riba (udah tau riba masih dilanjut aja), dengan KPR juga kita tergolong lumayan bayar banyak ke bank, Gimana enggak, harga rumah yang saat itu, jiga di kruskan dalam angka 15 tahun kemudian bisa menjadi berkembang 100% nya. So... sebisa mungkin jika ingin ambil Rumah usahakan menabung dulu biar bisa bayar uang muka Yang Gede, kalo uang muka gede otomatis KPR juga lebih ringan. Nha , poin-poin dalam memilih bank yang harus diperhatiin , yaitu :

#Cari bank yang bunganya ringan , gak cuma untuk tahun pertama, tapi juga yang cenderung stabil buat tahun-tahun berikutnya.
#Jika anda salah satu personel bank, anda bisa manfaatkan fasilitas dari bank,  biasanya bank di tempat anda bekerja cenderung memberikan banyak kemudahan saat KPR untuk pegawai-pegawainya.
#Cari bank yang sudah berpengalaman dalam KPR
#Jika bisa usahakan ambil Syariah, paling endak berat di awal tapi bisa stabil di kemudian hari.


Apa lagi ya poin-poin yang penting, kanya di kepala masih banyak banget yang mau di share , tapi koq udah macet gini. Kayanya udahan dulu deh ya.


Moga saja bermanfaat buat pertimbangan dan masukan yang mau ambil rumah. Sekali lagi jangan pernah malu untuk KEPO.


Salam dari A2-14 ^_^



2 komentar:

Mari saling meninggalkan jejak agar memudahkan identifikasi untuk saya kunjungi balik.....
Tengkiyu....
Matur Suwunnnnnnnnnnn.........
Gumawooo........