Selasa, 15 Desember 2015

Gyoza, Mandu, Dumpling??! Apalah-apalah Yang Penting Enak

Kelanjutan sabtu kemarin yang habis saya jalan-jalan ke pasar sama bapak, karena tiba-tiba muncul inspirasi untuk membuat Gyoza di rumah maka belilah saya bahan-bahan Gyoza. Mumpung Rah murah taiye, jadi gak sungkan mau belanja belanji segala macem bahan-bahan.

Pilihan isian gyoza kali ini jatuh pada ayam+tofu, biasanya cuma ayam saja, tapi kata kakak saya bisa ayamnya dicampuri tahu putih. Okelah, kami akan bereksperimen hari ini.

Sebenarnya bikin gyoza adalah hal yang paling malas dilakukan kakak saya, paling gak sukanya pas waktu bikin kulit sama lipat kulit gyozanya. Semacam kerajinan tangan gitu. Tapi kali ini saya punya senjata yang bakal membuat kakak saya tidak bisa menolak ajakan saya kali ini.

Apa itu???!!

Taraaaaaa.............................


Yups.... DUMPLING MOULD. Simple, Clean, Durable, tinggal nyet.... nyett... nyett... penyet... jadi dah Gyoza nya.

Gyoza adalah makanan yang sangat terkenal dan mudah ditemui. Cara membuat dan bahannya juga sederhana. Kali ini saya dan kakak tidak mau ribet, pake bahan seadanya, takaran juga jurus incip-incip pas  gitu aja.

Bahan Isi :
0,25 kg daging ayam
daun bawang
wortel
kubis
6 bawang putih
1 btr telur
1 potong tahu putih (uk. 3x10 cm)
garam
merica
minyak sayur

Bahan Kulit :
0,25 kg tepung terigu
garam secukupnya
minyak sayur
air hangat

Cara Membuat :
1. Potong daun bawang, wortel & kubis, kecil-kecil agar bisa tercampur dengan merata
2. Chop-chop (cacah) daging ayam hingga halus
3. Haluskan bawang putih dengan sedikit garam dan merica
4. Campur potongan sayur, daging ayam, bumbu halus, telur, garam, merica dan minyak sayur, haluskan (dengan tangan lebih mantap) hingga tercampur merata. Biarkan sejenak.
5. Campur tepung, garam, minyak dan air hangat, uleni hingga kalis dan tidak menempel, bentuk bulat- bulat kecil, giling tipis.
6. Cetak Gyoza dengan dumpling mould
7. Masak (bisa dikukus, di rebus dengan kaldu atau di fried steam. Dan pilihan kami jatuh pada fried steam). Fried steam adalah cara memasak gyoza dengan cara di goreng diatas teflon dengan sedikit minyak, sampai kulit bagian bawah kering , lalu siram dengan air terigu encer+sedikit garam, dan tutup, biarkan hingga matang.
8. Nikmati dengan saus sambal


SAYUR-MAYUR, Pilihan bisa dimodifikasi dengan bebas sesuai selera


Chop-Chop sayur



Haluskan bawang, disarankan pake ulekan biar lebih terasa, Gurihnya


Campur-campur-campur


Sudah Tercampur



Prepare untuk kulit


Cetak


Gunakan "Mould"


Ready For cook


"Fried Steam"


Hasilnya : Tidak seindah yang dibayangkan



Kesan menggunakan doumpling mould :
"Proses pembutan Dumpling/ Gyoza lebih cepat, lebih praktis, namun secara estetika bentuk jadi kurang cantik, karena bagian "kipas" cetakan terlalu pendek dan saat dicetak menjadikan kulit tipis sehingga saat digoreng cenderung hancur. Bentuknya jadi "bukan gyoza" lagi, malah mirip pastel"



9 komentar:

  1. Yuuuum, kayanya enak nih. Aku mau versi tanpa dagingnya, dong, hihihi :)

    BalasHapus
  2. Kalau di desaku namanya pastel, cara buatnya manual pakai tangan nggak di cetak gan!

    BalasHapus
  3. Aku kira juga gyoza itu pastel, eh bukan ya?
    BTW, dumpling itu bukannya semacam pangsit gitu ya?

    BalasHapus
  4. Saya kira juga pastel..Hehe..
    Kalau untuk keluarga penampilan nomor 2, yang penting rasa. ^^

    BalasHapus
  5. hhihi, ternyata gyoza isinya gitu ya, mba. :D aku pernah liat di komik conan, tapi penasaran aslinya, pengin nyiciipp

    BalasHapus
  6. Isinya menghiurkan. Nyam nyam

    BalasHapus
  7. Isinya menghiurkan. Nyam nyam

    BalasHapus
  8. Kalau ditempatku itu namanya pastel, enak mbak karena ada dagingnya hehe
    eh tapi kok itu pakai kubis ya???
    aneh karena ga suka kubis hehe

    BalasHapus
  9. saya tau dumpling dari triplets di superman returns, kalau melihat mereka makan sepertinya enak :))

    BalasHapus

Mari saling meninggalkan jejak agar memudahkan identifikasi untuk saya kunjungi balik.....
Tengkiyu....
Matur Suwunnnnnnnnnnn.........
Gumawooo........